Thursday 6 October 2016

nn

Instalasi Framework Laravel di Windows

Hallo...
Semangat pagi !

Setelah sebelumnya Saya share cara instalasi framework laravel yang menggunakan sistem operasi Linux, kali ini Saya share cara instalasi framework laravel di Windows. Windows yang saya gunakan adalah Windows 10, tapi bagi kawan-kawan yang menggunakan windows lainnya jangan khawatir, karena instalasi di windows tidak terlalu berbeda.

Yuk simak !

Pengertian

Laravel merupakan web application framework berbasis PHP yang open source, menggunakan konsep model–view–controller (MVC). Laravel berada dibawah lisensi MIT License, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode.Desember 2013, Laravel menempati PHP framework terpopuler dan berada diatas PHP framework lain seperti PhalconSymfony2,CodeIgniter dan lainnya.

Framework menjadi sebuah tren untuk para programmer saat ini, dalam hal ini khususnya adalah programmer web, tentu sebuah framework tidak menjadi asing di telinga karena saking banyaknya framework yang bertebaran di internet. Sebut saja aja Codeigniter, Yii, Zend, symfony symf sampai dengan Laravel yang akan Kita bahas.



Latar Belakang

Laravel merupakan framework PHP yang sedang naik daun saat ini. Ini di karenakan para pengembang framework ternyata masih belum puas dengan hadirnya framework - framework yang telah ada, sehingga muncullah framework baru yang diberi nama Laravel. Laravel bahkan didapuk menjadi framework paling populer belakangan ini.


Maksud dan Tujuan

Sharing dan menyajikan referensi bagi kawan-kawan yang ingin melakukan Instalasi Framework Laravel ataupun ingin mempelajari Framework Laravel.


Jangka Waktu Kegiatan

Karena Sya belum pernah melakukan instalasi framework laravel di windows, Saya sempat kesulitan dalam melakukan instalasi. Saya membutuhkan waktu 2 jam untuk instalasi pertama ini.


Alat dan Bahan 

1. Komputer atau laptop.
2. Koneksi Internet.
3. Terminal (Command Prompt).
4. Composer.


Tahapan dan Langkah kegiatan

Berikut adalah tahapan dalam melakukan instalasi Framework Laravel :
1. Sebagai langkah awal adalah pastikan Anda telah terhubung dengan koneksi internet. :D
2. Langkah selanjutnya, Download Composer. "Download Disini"
3. Install composernya, berbed dengan cara di linux, kaau di windows cukup klik dua kali pada icon composer.exe nya. Lalu lakukan instalasi.

Klik Next.


 Klik Next.

 Klik Install.

 Instalasi telah selesai.




4. Setelah composer terinstall, silahkan uji untuk mengetahui apakah composer telah berhasil diinstall atau tidak. Buka Terminal (Windows+r dan tulis "cmd" lalu enter), Lalu tulis composer. Jika tampilan terminal Anda seperti gambar berikut, berarti instalasi composer telah berhasil.


5. Tahap selanjutnya adalah instalasi laravelnya, pasti diantara teman-teman bertanya-tanya mengapa harus mengintal composer terebih dahulu. Baik akan Saya jeaskan, composer digunakan sebagai bahan utama untuk melakukan instalasi laravel, jadi laravel itu di install melalui composer, sebut saja bahwa composer adalah kumpulan paket untuk menginstall framework laravel, penjelasan mudahnya mungkin seperti itu, jika teman-teman belum faham atas penjelasan Saya, silahkan browsing sendiri :D

Oke, untuk instalasi laravelnya, buat folder laravel terlebih dahulu di dalam folder xampp/htdocs.

6. Selanjutnya, buka terminal dan masuk kedalam folder laravel yang telah kita buat tadi.


7. Lakukan instalasi laravel dengan perintah berikut.

composer create-project laravel/laravel project-name --prefer-dist

project_name silahkan ganti dengan nama project sesuai dengan keinginan kalian.
Silahkan tunggu proses instalasinya.

Masih menunggu proses instalasi :D Harap bersabar ya, proses instalasi akan berlangsung lama, ehh tergantung spesifikasi laptop Anda juga sih :D Kalau Saya agak lama, soalnya spesifikasi laptop Saya rendah :D


8. Nah setelah instalasinya selesai, silahkan buka di browser dengan url "http://localhost/laravel/project_name/public". Jika ingin url lebih bersih, sebenarnya kita bisa memanggil dengan http://localhost:8000. Nah dengan cara kita harus mem php artisan serve terlebih dahulu di dalam folder yang ingin kita buka. Seperti contoh gambar dibawah ini.

Buka di browser Anda dengan url "http://localhost:8000" maka akan menampilkan tampilan seperti berikut.


Instalasi telah selesai :)


Hasil

1. Dapat melakukan instalasi Framework Laravel di sistem operasi Linux.
2. Dapat menjalankan Framework Laravel, sehingga dapat membuat project.


Kesimpulan

Laravel adalah sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu.


Referensi

- https://id.wikipedia.org/wiki/Laravel
- https://laravel.com/

Terimakasih telah berkunjung di blog Saya dan telah menyimak postingan ini, silahkan share apabila postingan ini bermafaat untuk Anda. Selamat mencoba dan selamat belajar !


nn

About nn -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :