Tuesday 19 July 2016

nn

Mengenal HTML

Hallo ...
Semangat Pagi !

Di kesempatan yang baik ini saya akan share tentang bahasa pemrograman yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kalangan programmer web.


HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web

Itu pengertian yang saya kutip dari wikipedia, bagi yang masih belum faham, HTML adalah kerangka utama dalam suatu website. Coba saja anda CTRL+U di halaman web apapun, tag pertama pasti berbentuk html. HTML memiliki beberapa bagian, yaitu <head><tittle><body>. Untuk penjelasan tag-tag tersebut akan saya bahas di postingan selanjutnya.


Selama tahun 90-an muncul beberapa versi HTML dengan berbagai macam fitur yang di miliki. Versi HTML diantaranya adalah :

1. Versi 1.0
     Adalah versi pertama yang memiliki fitur seperti heading, paragraph, hypertext, list, cetak tebal, dan cetak miring.
 2. Versi 2.0
     Dirilis pada tanggal 14 Janurai 1996 dengan beberapa fitur tambahan, seperti penambahan form.
3. Versi 3.0
     Dirilis pada 18 Desember 1997 yang dikenal dengan nama HTML+. hadir dengan fitur baru seperti table dan pharagraph.
4. Versi 3.2
      Dirilis di bulan Mei 1998, dengan versi terbaru penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu versi 3.0.
5. Versi 4.0
      Dirilis pada 24 Desember 1999, dengan penambahan beberapa firus seperti imagemaps, image, link dan lainnya.
6. Versi 5.0
      Dirilis di tahun 2009, dan menjadi standar baru. HTML5 merupakan proyek kerjasama W3C (World Wide Web Consurtium) dan WHATG (Web Hypertext Application Technology Working Group).
Spesifikasi HTML5 belum final saat ini, tetapi di yakini akan menjadi standar yang dapat di terima di masa depan.



Sejarah HTML

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.



Cukup postingan saya kali ini, semoga artikel ini dapat berguna untuk anda.
Terrimakasih ...


Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/HTML
perText adalah metode dimana kita "berpindah" disekeliling web, dengan mengeklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet, dimana saat teks tersebut diklik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya/halaman web lain yang telah ditentukan.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-html-fungsi-html-serta-sejarah-html.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.
HyperText adalah metode dimana kita "berpindah" disekeliling web, dengan mengeklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet, dimana saat teks tersebut diklik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya/halaman web lain yang telah ditentukan.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-html-fungsi-html-serta-sejarah-html.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.

nn

About nn -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :